Fungsi Web Server Dan Pengertiannya

Fungsi Web Server Dan Pengertiannya adalah sebuah perangkat perangkat lunak (software) yang menyediakan layanan akses kepada pengguna melalui protokol komunikasi HTTP ataupun HTTPS untuk file/script yang terdapat pada suatu situs web ke pengguna dengan menggunakan aplikasi tertentu seperti yang kita kenal dengan nama web browser seperti google chrome atau mozilla firefox dan lain-lain.

Fungsi Web Server Dan Pengertiannya

Fungsi Web Server Dan Pengertiannya juga untuk melakukan atau mentranfer berkas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan sedemikian rupa. halaman web yang diminta terdiri dari berkas teks, video, gambar, file dan banyak lagi. pemanfaatan web server berfungsi untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web termasuk yang di dalam berupa teks, video, gambar atau banyak lagi.

Beberapa Jenis Web Server di antanya adalah :

  1. Apache
  2. Apache Tomcat
  3. Microsoft Internet Information Services (IIS)
  4. Nginx
  5. Lighttpd
  6. Litespeed
  7. Zeus Web Server

Fitur-fitur standar web server adalah :

  1. HTTP
  2. Logging
  3. Virtual Hosting
  4. Pengaturan Bandwidth
  5. Otentifikasi
  6. Kompresi Konten
  7. HTTPS

Dari daftar list diatas yang paling dominan dan digunakan adalah Apache, Nginx dan Microsoft Windows Server.

Cara Kerja Web Server

Secara ringkas webserver bertugas menerima permintaan dari client dan mengirimkan kembali berkas yang telah diminta oleh client tersebut melalu web browser.

sesuai dengan yang kami jabarkan diatas, client yang dimaksud disini adalah browser seperti seperti Chrome, Mozilla, Opera, safari dan lain-lain yang dapat terhubung ke web server melalui jaringan internet ataupun intranet.

Fungsi Dan Pengertian Web Server

Perangkat lunak web server yang terinstalasi pada komputer server, dan pada komputer server ini juga data-data website kita tersimpan. sama pula halnya dengan komputer client, komputer server juga harus terhubung dengan jaringan internet atau jaringan intranet agar dapat diakses oleh client.

Pada saat client (browser) memanggil data web page ke server, maka instruksi permintaan data oleh browser tersebut akan diterima menggunakan TCP yang merupakan protokol transport dan dikirim ke alamat yang dalam hal ini merupakan protokol berikutnya yaitu Hyper Text Transfer Protocol (HTTP) dan atau Hyper Text Transfer Protocol Secure (HTTPS). Data yang telah diminta oleh browser ke web server disebut dengan HTTP request yang kemudian akan dicari oleh web server di dalam komputer server.

Jika data tersebut ditemukan akan dikemas oleh web server dalam TCP dan dikirim kembali ke browser untuk ditampilkan. Data yang dikirim dari server ke browser dikenal dengan HTTP response. Jika data yang diminta oleh browser tersebut tidak ditemukan oleh web server, maka web server akan menolak permintaan tersebut dan browser akan menampilkan halaman error 404 atau Page Not Found.

meski proses atau cara kerja web server diatas sepertinya sangat rumit, tapi pada kenyataannya proses tersebut berlangsung dengan sangat cepat. mungkin anda tidak menyadari bahwa pada saat anda meminta suatu halaman web, ternyata hal itu membutuhkan proses yang sangat panjang sampai halaman tersebut dapat anda lihat di browser anda.

hal diatas juga sering terjadi pada dunia webhosting khususnya IDNIX. semoga artikel diatas dapat memberi manfaat untuk anda 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × two =

Dapatkan Penawaran Promo Menarik dari IDniX.net, Jangan sampai kelewatan!
Lihat Promo